betapa bahayanya- media sosial

Hai aku tiba tiba pengen nulis ini...
beberapa waktu lalu aku makin ngerasain kalo- kita harus hati hati banget kalo nulis sesuatu di media sosial. 
Jadi.. aku ngikutin seorang author dari sebuah komik sejak 2014 kalo ga salah, aku inget banget waktu itu dia promote karya dia dari satu grup ke grup lain. waktu itu fanspage dia masih sepi gitu cuma beberapa doang yang like. aku like juga dong karena aku tertarik gitu ahaha. apalagi dia promote dengan caption
"tolong like ya, hasil karya anak bangsa nih" makanya aku like karena aq suka produk bangsa ahaha. lalu beberapa tahun kemudian, karya dia makin terkenal gitu, banyak yang suka, dapet respon positif, apalagi ada suatu platform buatan anak bangsa gitu, dan dia ikut post karya dia di platform itu. teruus dia makin berkembang, bikin karya dia itu di youtube. makin terkenal dong--

lalu beberapa waktu lalu dia bikin konten lagi, kontennya itu ada seorang idol yang lagi booming boomingnya. dan disitu dia langsung melejit tuh, sampai go internasional, banyak orang luar negeri yang nonton karya dia di youtube. jadi perbincangan di sosmed, twitter, facebook sampai instagram.

tiba tiba
besoknya. . . .
dia dihujat sama fans idol tersebut- karena postingan, dia yang dulu dulu ngejelekin- uhm bodyshaming salah satu idol yaaang sebelumnya dijadiin konten sama dia. ss-nya tersebar luas di twitter. bahkan banyak yang ngelaporin, ngirim email ke agensi idol tersebut.

dan imbasnya- fansnya yang dari luar negeri yang sebelumnya memuji dia jadi ngehujat dia dong. banyak yang kecewa karena 'attitude' dia. wow- dan itu berlangsung cepet banget. 
kayak- kemarin diatas awan, karya dia sampe ke luar negeri.
dan- hari ini dia dihujat karena body shaming.

wow- aku speechless banget : ( berasa semuanya berlangsung dengan cepat, tiba tiba semuanya hancur gitu aja gara gara rekam jejak digital  eh karena attitude. wow.

hati hati ya guys kalo posthing sesuatu di media sosial, apapun itu.. karena kita ga bakal tau ke depannya gimana.. ga bakal tau kalo ketikanmu, ya harimaumu. yang bisa menghancurkan kamu juga...
mungkin sekarang ga kepikiran
"alah gini doang"
"alah siapa yang bakal liat"
"circle ku ini ini doang"

but- whos know . . . 😶
semoga bijak dalam menggunakan media sosial ✋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Dasar Penulangan Balok

Alat Alat kerja Tukang-Konstruksi Bangunan