interview pertamaku

Hai. kali ini aku mau share pengalamanku wawancara di salah satu perusahaan konstruksi BUMN di Indonesia. sebut saja PP. Jadi ini pertama kalinya aku wawancara/interview buat kerja. oh iya sebelum ke tahap wawancara, aku mau cerita tentang tahap sebelum wawancara.
Jadi.. aku sekolah di SMK yang cukup ternama di kotaku. Udah dikenal banyak orang, dan banyak perusahaan juga yang bekerja sama dengan sekolahku. Nah sebelum wisuda, BKK share tentang lowongan pekerjaan di PT tersebut. awalnya aku ga antusias, ya biasa aja.. ngirim surat lamaran dan CV serta foto 4x6 gitu. Lalu beberapa minggu sama sekali gaada kabar mengenai respon PT tersebut. kurang lebih 1bulan, tiba tiba ada SMS dari BKK untuk tes tertulis di sekolah. Yaudah tuh aku antusias sekaali. Aku ngerasa "pasti saingannya dikit" karena waktu itu kan belum kelulusan.. dan ternyata hampir 50 orang yang ikut tes tulis :( aku langsung pesimis karena aku anaknya begini doang wkwk.
Waktu Tes tertulis agak kaget dengan soalnya.. karena aku belajar 4 tahun, basic di gambar, belajar struktur cuma dikit. Dan itu soalnya struktur semua woy :( wkwkwk tentang beton gitu. aku hanya menelan ludah tiap kali menjawab.  
Kelar tes tulis aku hopeless lolos ke wawancara.. aku ngelamar kerjaan kesana kemari, nyebar CV. tapi kayaknya di respon abis lebaran karena waktu itu menjelang dan pertengahan puasa gitu. yasudah berminggu minggu aku menganggur di rumah.. tapi ga sepenuhnya nganggur, belajar aplikasi juga sih.
setelah menunggu cukup lama, aku dikasih tau temen kalo aku lolos ke tahap wawancara, seketika aku ingin menjerit.. ga nyangka banget aku ngasal jawabnya, kok lolos :( wkwk dari 50n jadi 19 orang. padahal temen aku yang pintar aja ga lolos. yaudah tuh, wawancara abis lebaran.
Tiba saatnya wawancara, aku deg degan banget.. karena sebelumnya ga pernah wawancara dan ini wawancara buat di BUMN :( setelah dikasih pengarahan, suruh keluar, masuk satu satu sesuai absen. kukira cuma setengah hari doang atau jam 1 lah kelar, lah ini sampe jam 4 sore, padahal aku berangkatnya jam 7 :( mana abjad ku diurutan akhir pula.. yasudah aku jalani saja, berdzikir dan berdoa.
Tiba saatnya giliranku, aku udah nunggu di depan pintunya dan langsung masuk, salim, cium tangan sama 3 pengujinya. lalu duduk manis. Mereka nanya nanya tentang keluarga, trus masa masa sekolah, pernah ikut organisasi atau engga, setelah lulus ngapain aja sembari nunggu pengumuman. yaa gitu gitulaah sepele, aku bisa jawab semua. biarpun dengan rasa gugup yang menyelimutiku, aku yakin suara ku terdengar bergetar ditelinga mereka. Setelah beres, aku keluar.
2 minggu kemudian pengumuman
aku engga lolos :( thats hurt... aku nunggu sekian lama, berbulan bulan wkwk kayaknya engga lolos karena faktor kurang doa, kurang pengalaman di organisasi. soalnya pas wawancara, ditanyain ikut organisasi apa, aku jawab ga ikut apa apa. dan ditanyain ranking, aku juga ga masuk 10 besar gitu wkwk malu maluin banget.. nyesel dulu ga aktif pas sekolah.
dan- sebulan kemudian aku diterima kerja gitu di salah satu konsultan planologi di kota aku. seneng sih, kerjanya ga begitu berat, gajinya cukup lah yaaa wkwk dan hidupku tenang bareng keluarga tanpa kudu merantau. kantornya bagus, view samping tuh perkampungan trus ada gunungnya gitu <3 Allah emang ngasih yang terbaik laah pokoknya.

sekian pengalaman singkat padat dan tidak jelasku, semoga jadi pembelajaran buat kita semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Dasar Penulangan Balok

Alat Alat kerja Tukang-Konstruksi Bangunan

betapa bahayanya- media sosial